Konveksi Tas pouch backpack tas selempang tas ransel tas seminar bandung

Pola Dasar Yang Digunakan Konveksi

Pola Pakaian Konveksi
Pola Pakaian Konveksi

Pola Dasar Yang Digunakan Konveksi Saat kita akan membuka usaha konveksi kita sendiri, ada baiknya bila kita mengetahui tata cara dalam pembuatan pola pakaian. Setiap desain pakaian yang kita terima dari klien, memiliki pola mereka masing masing. Belum tentu sama. Mulai dari desain kebaya, desain gaun ataupun desain oblong yang sangat sederhana. Pola bagaikan sebuah nyawa yang akan membuat sepotong kain terbentuk menjadi sebuah pakaian yang utuh.

Pola ataupun pattern dalam dunia menjahit konveksi dapat berupa potongan kain ataupun kertas. Untuk kertas disarankan menggunakan kertas yang tebal agar tidak berkedut dan bergeser seperti halnya kertas koran. Pola tersebut nantinya akan dijadikan patokan saat pemotongan kain. Penggunaan pola saat proses potong adalah karena potongan kain harus sesuai dari segi bentuk dan ukuran terhadap desain yang diinginkan. Kesalahan pola akan berakibat fatal pada kenyamanan pengguna produk konveksi kita nanti.

Pola dasar pakaian terdiri dari beberapa bagian dasar yaitu :

1. Pola badan bagian atas, dari bahu sampai ke pinggang, biasanya disebut pola badan bagian muka dan belakang.

2. Pola bagian bawah, dari pinggang sampai lutut atau sampai mata kaki. Atau biasa disebut pola dasar rok muka dan belakang.

3. Pola lengan, dari lengan bagian atas atau bahu terendah sampai siku atau pergelangan, biasa disebut pola dasar lengan.

4. Adapula pola badan atas dengan pola badan bawah yang menjadi satu biasa disebut pola dasar gaun atau baju terusan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


×
halo pakar konveksi.