Mengenal Kerangka Dasar pada Sebuah Kemeja

Bagi anda para pekerja kantoran mungkin penggunaan kemeja pada aktivitas kerja sehari-sehari sudah menjadi kebiasaan. Beragam bentuk kemeja dari mulai kemeja yang bersifat formal dan casual banyak diproduksi di berbagai belahan dunia. Tidak jarang pula range harga dari sebuah kemeja kisarannya bisa mencapai mencapai puluhan juta. Bagi beberapa pria, trend berbusana kemeja yang biasanya dipadukan dengan menngunakan jas dan dasi sudah menjadi lifestyle dan bisa juga mencirikan kelas sosial di masyarakat. Berikut akan dibahas mengenai nama bagian-bagian yang lazim terdapat  pada sebuah kemeja.
kemeja konveksi
Collar : adalah lipatan yang membentuk kerah yang terdapat pada bagian paling atas pada sebuah kemeja. terdapat beberapa macam bentuk dari kerah ini. Namun kerah yang umum tedapat pada kemeja adalah kerah point collar yang mana berbentuk meruncing ke bawah dan jika kancing pada bagian paling atas kemeja dikancingkan, maka kedua ujung pada lipatan paling atas di kedua sisi akan terlihat tegak bersinggungan.
Yoke : merupakan bagian pada kemeja yang berfungsi menghubungkan antara jahitan depan dan belakang pada sebuah kemeja. pola yoke yang umum digunakan adalah model one piece yoke yang berbentuk pola jahitan yang terletak pada bagian di bawah collar yang berupa garis jahitan memanjang horizontal.
Placket Front : pola standar yang terdapat pada kemeja.berbentuk keliman di bagian luar yang memanjang secara vertikal. Berfungsi juga sebagai patokan sentral untuk penempatan kancing pada kemeja.
Fly Front : hampir mirip dengan placket front. Namun bagian ini terletak satu layer di belakang placket front. Berfungsi sebagai bagian untuk menempatkan kancing sehingga tidak akan terlihat ketika semua kancing dikaitkan pada kemeja.
Armhole : Adalah bagian yang membentuk lubang di mana berfungsi juga untuk menyambungkan bagian sleeve/lengan kemeja dengan badan kemeja
Sleeve : bagian samping kiri dan kanan pada kemeja yang berfungsi menutupi lengan si pengguna hingga ke daerah pergelangan tangan.
Cuff : merupakan bagian sambungan pada bagian di bawah sleeve dengan bentuk melingkar di sekitar area peregelangan tangan. Biasanya kancing akan dijahitkan pada bagian ini. cuff menjadi salah satu bagian penting pada kemeja. Maka dari itu, pastikan panjang cuff ini melebihi panjang dari jas yang akan anda kenakan. sehingga ketika dipadupadankan dengan penggunaan jas, bagian ujung tepi cuff akan sedikit terlihat.
Sleeve Placket : adalah pola memanjang vertikal yang terletak di atas cuff dengan beberapa kancing yang dijahitkan. Namun terdapat juga kemeja yang tidak menggunakan sleeve placket. Anda pun harus memperhatikan bagian ini ketika akan membeli sebuah kemeja. jangan sampai bagian ini terlihat lebih menggembung daripada sleeve ketika kancing pada bagian ini dikaitkan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


×
Ada yg bisa dbantu?