Konveksi Tas pouch backpack tas selempang tas ransel tas seminar bandung

Mengenal Jenis-Jenis Kerah pada Kemeja Pria

Pada posting yang lalu telah diuraikan mengenai nama-nama bagian pola yang lazim terdapat pada sebuah kemeja. Salah satunya adalah bagian kerah/collar. Kerah merupakan bagian paling atas pada kemeja yang melingkar pada leher anda ketika sebuah kemeja dipakai. Bagi anda pria yang memiliki intensitas yang tinggi dalam menghadiri acara-acara formal atau anda yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan anda bertemu dengan relasi kerja, ada baiknya untuk mengkoleksi beragam jenis kemeja dengan variasi collar yang berbeda. Hal ini dapat berpengaruh pada padu padan busana yang akan anda kombinasikan dengan pemakaian kemeja sehingga penampilan anda terlihat lebih catchy dan fashionable.Kali ini akan dibahas secara singkat mengenai beragam jenis kerah/collar yang umum terdapat pada kemeja pria.

             Turndown Collar
Jenis kerah turndown collar adalah jenis kerah yang sangat umum kita kenal dalam keseharian kita. Memiliki bentuk lipatan ke bawah dengan ujung yang runcing dan jika kancing bagian atas dikaitkan maka bagian tepi ujung atas akan terlihat saling bertemu di kedua sisi.jenis kerah ini memiliki dua tipe yaitu :
kemeja point collar
      A.      Point Collar
Point Collar adalah jenis kerah yang umum terdapat pada kemeja dengan bagian lipatan yang cukup melebar ke bawah. Kemeja dengan jenis kerah seperti ini cocok digunakan dengan padu padan sweater ataupun cardigans dengan kancing paling atas yang terbuka karena aksen lipatan kerah akan terlihat jelas meskipun badan kemeja ini tertutup oleh sweater atau pun cardigans ketika digunakan.
kemeja cutaway collar
      B.      Cutaway/Spread Collar
Karakteristik ujung tepi bawah pada kerah jenis ini hamper sama dengan Point Collar. Perbedaan yang mencolok adalah pada lipatan samping yang cenderung lebih melebar menyerupai bentuk segitiga sama sisi. Kemeja dengan jenis kerah ini cocok digunakan oleh anda yang memiliki bentuk leher yang kurus dan jenjang. Selain itu, aksen lipatan pada bagian atas dasi akan sangat jelas terlihat ketika anda menggunakan kemeja dengan tipe kerah ini.
kemeja kerah kancing
       Button Down Collar
Perbedaan dari jenis kerah ini dengan kerah model turndown adalah dengan adanya penambahan aksen berupa kancing yang dijahitkan pada bagian tepi bawah di kedua sisi. Penambahan aksen kancing ini dapat memberikan kesan yang lebih casual pada kemeja yang anda gunakan.

             Pin Collar

Sesuai dengan namanya, Pin Collar adalah jenis kerah serupa dengan Point Collar dengan penambahan aksen lubang pada kedua sisi kerah yang berfungsi untuk menancapkan jepitan maupun pin yang akan anda gunakan. Jenis kemeja dengan kerah seperti ini kerap digunakan oleh para bangsawan yang dalam setiap penampilannya selalu menempatkan pin yang menjadi lambang kebangsawanan/identitas keningratan pada beberapa keluarga kerajaan.
kemeja kerah wing
            Wing Collar
Jenis kerah ini memiliki lipatan agak kecil pada kedua ujung yang membentuk segitiga sama kaki yang mana lipatannya terlihat mengambang dan tidak menyentuh bagian badan kemeja. Kemeja dengan model Wing Collar biasanya dipadupadankan dengan setelan Tuxedo dengan penambaahan aksesoris dasi pita. Jenis kerah seperti ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin tampil sedikit nyentrik di hadapan publik.
Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa kepribadian seorang pria dapat dilihat dari bagaimana cara ia berpakaian.  Mudah-mudahan ulasan di atas dapat menjadi inspirasi bagi anda yang gemar berbusana kemeja atau bagi anda para pelaku bisnis konveksi jahit yang membutuhkan referensi baru dalam berkreasi menciptakan produk busana kemeja.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


×
halo pakar konveksi.