Klasifikasi Kain Cotton berdasarkan Proses Pembuatannya

Pada artikel yang lalu telah dibahas sepintas mengenai beberapa jenis kain berdasarkan bahan dasarnya.  Ada yang berasal dari serat alam dan ada juga yang berasal dari serat sintetis. Salah satu bahan yang berasal dari serat alami adalah bahan katun(cotton). Serat alami berupa kapas didapatkan dari gumpalan serat yang menyelubungi tanaman kapas. Pada proses pembuatan bahan kain berbahan kapas, mula-mula serat kapas yang telah dibersihkan terlebih dahulu dikumpulkan hingga membentuk sebuah gumpalan yang padat(bal)

yang bobotnya bisa mencapai 200 kg dengan tinggi kurang lebih 1.5 meter. Kemudian bal kapas yang telah dikumpulkan dikirim ke pabrik pemintalan. Untuk menghasilkan sebuah bahan kain Cotton, setidaknya ada beberapa proses yang harus dilewati. Salah satunya adalah adalah proses Carding menggunakan carding machine. Carding adalah proses di mana gumpalan-gumpalan serat yang telah dipadatkan, diolah dengan mesin yang bertujuan untuk membuka dan meluruskan serat-serat kapas sehingga terbentuk struktur serat yang memanjang dan rata sebelum memasuki tahapan selanjutnya. Serat kapas pun selanjutnya meleati tahapan Combing/penyisiran, yaitu proses untuk memisahkan serat-serat yang pendek menggunakan mesin Combing sehingga hasil akhirnya didapatkan tekstur serat yang panjangnya hampir sama sehingga membentuk untaian-untaian panjang yang disebut dengan Sliver yang mana nantinya akan melewati beberapa tahapan lain hingga terbentuknya sebuah kain. Sebenarnya, proses Combing ini bersifat optional.  Namun, beberapa produsen teksil tetap melakukan proses ini demi untuk meningkatkan kualitas dari bahan yang dihasilkan.

Berdasarkan uraian singkat di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa perbedaan dari Cotton combed dan Carded adalah berdasarkan tahapan pembuatannya yang sekaligus menjadi asal muasal penamaan kedua jenis bahan katun ini. Cotton combed hingga saat ini masih menjadi primadona di kalangan produsen busana dengan harga yang lumayan mahal, khuisusnya  produk kaos dikarenakan teksturnya lebih terlihat rata, halus dan tidak nampak berbulu. Berbeda dengan bahan Cotton Carded dengan harga di bawah cotton combed yang cenderung terlihat agak sedikit kasar. Hal ini disebabkan karena pada proses pembuatannyat tidak melewati proses Combing terlebih dahulu. Tips sederhana untuk membedakan kedua jenis bahan ini adalah dengan mengucek-ucek bahan kain dalam kondisi kering. Kain cotton carded akan terlihat lebih berbulu daripada cotton combed.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


×
Ada yg bisa dbantu?