Konveksi Tas pouch backpack tas selempang tas ransel tas seminar bandung

Jenis-Jenis Kancing

Kancing adalah salah satu bagian yang tidak terpisahkan pada desain sebuah busana, khususnya busana formal. Penggunaan kancing pada sebuah busana berfungsi sebagai penutup belahan yang tedapat pada busana sekaligus sebagai ornamen dekorasi pada  beberapa jenis pakaian. Berikut ini adalah beberapa jenis kancing yang sangat umum digunakan dalam sebuah busana, yaitu :
  • Kancing Kait
          Kancing kait adalah jenis kancing berbahan logam yang memiliki dua bagian yaitu hook(kaitan)yang berbentuk melengkung dan eye(mata kait) yang bentuknya melingkar dengan lubang pada kedua sisi. kancing kait yang berukuran kecil biasa dipergunakan sebagai pengait pada bra, cawet ataupun pada kebaya konvensional. Kancing kait yang berukuran besar sering digunakan sebagai pengait pada ban pinggang rok ataupun celana katun pria.
  • Kancing Jepret  

          Kancing jepret adalah jenis kancing yang ukurannya relatif kecil. Kancing jenis ini memiliki dua bagian yaitu bagian kancing yang memiliki tonjolan tipis memanjang  pada bagian tengah kancing dan bagian yang lain berupa penampang kancing yang pada bagian tengahnya dibuat lekukan ke dalam yang berfungsi sebagai tempat menancapkan/pengunci  bagian kancing yang memiliki tonjolan, Bahan dasar dari kancing ini adalah berupa besi atau stainless steel. Tapi ada juga kancing jepret yang berbahan dasar plastik. Biasanya kancing jepret memiliki pilihan warna silver dan hitam. Namun, ada juga kancing jepret yang memiliki warna yang transparan. Khusus bagi kancing jepret berbahan besi, perlu juga diperhatikan kualitasnya ketika akan membeli jenis kancing ini sehingga ketika disematkan pada busana tidak mudah berkarat. Jenis kancing ini biasa digunakan pada busana blouse atau pun tunik yang memiliki style vintage. Kadang juga digunakan sebagai kancing pada jenis kebaya konvensional dan divariasikan dengan penggunakan kancing kait. 
  • Kancing bermata
         Kancing ini memiliki bentuk yang bulat pipih yang memiliki lubang pada area tengah kancing yang berfungsi untuk memasukkan benang ketika akan dijahitkan pada busana. Jenis kancing berbahan plastik ini dalam penggunaanya diselipkan pada bahan busana yang mana biasanya telah dibuat celah lubang pada sisi lain yang berlawanan sehingga bagian pada busana yang tidak menyatu dapat saling bertumpangan. bentuk kancing ini ada yang berbentuk bulat dengan tekstur yang datar. Ada juga yang memiliki lekukan yang lebih menonjol  pada sisi terluar dari bulatan kancing tersebut. Kancing ini ukurannya bervariasi dari mulai  kancing yang berukuran kecil, sedang, hingga kancing yang memiliki diameter besar Jenis kancing ini ada yang memiliki dua lubang dan empat lubang. Lazim digunakan pada pakaian pria seperti kemeja dan jas. 
  • Kancing Berkaki
          Jenis kancing ini sangat sering digunakan pada busana wanita sebagai dekorasi yang dapat menambah nilai estetis pada sebuah busana karena bentukna sangat bervariasi dengan warna yang sangat beragam. kancing ini ada yang memiliki bagian pengait benang yang berbentuk seperti cincin yang melingkar pada bagian bawah kancing. Ada juga yang memiliki lubang pada bagian belakang kancing. harga dari kancing ini beragam sesuai bahan dan bentuk kancing.   
            
          


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


×
Ada yg bisa dbantu?