Konveksi Tas pouch backpack tas selempang tas ransel tas seminar bandung

Inilah Saatnya Pengusaha Konveksi Membuat Merek Sendiri (2)

Konveksi
Gucci Merek Terkenal

Pakar Konveksi – Hanya saja, bagi pakar konveksi, merintis merek milik sendiri harus tetap menjadi perhatian. Hal ini menilik pada nilai ekonomi jangka panjang. Terlebih lagi, makloon tidak jauh lebih menguntungkan daripada mengerjakan merek sendiri. Hanya faktor kemudahan saja yang menyebabkan makloon lebih diminati. Mengerjakan merek sendiri akan memberikan nilai tambah yang lebih besar bila dibandingkan dengan mengerjakan makloon merek milik pihak lain.

Di sisi lain, menggunakan merek sendiri dalam merambah pasar international akan memberikan nilai positif berupa nama harum industri konveksi Indonesia. Disamping itu akan menimbulkan rasa bangga bagi masyarakat Indonesia dalam menggunakan merek milik anak bangsa. Lihatlah saat ini dimana para konsumen dalam negeri lebih bangga dalam membeli merek luar negeri. Padahal bila ditelusuri, produk tersebut merupakan produk buatan dalam negeri.

Kondisi ini akan terus terjadi jika para pengusaha konveksi dalam negeri tidak segera merintis merek dalam negeri dengan kualitas global. Apalagi para pelaku industri konveksi tidak mungkin selamanya menggantungkan garis hidup usaha mereka dengan mengandalkan pengerjaan merek milik pihak asing.

Ada baiknya jika kita mulai untuk membuat merek made in Indonesia. Seruan ini ditujukan untuk para pengusaha konveksi seluruh Indonesia, terutama di Jawa Barat. Cobalah untuk secara bertahap mengibarkan bendera di pasar dunia. Walaupun sebelum itu, harus membuktikan kualitas mereknya di pasar dalam negeri terlebih dahulu.

Beberapa merek dagang milik pengusaha konveksi Jawa Barat sebenarnya sudah dikenal di negara lain. Hanya saja, merek dagang tersebut tidak dikenal di dalam negeri. Karena merek tersebut menyesuaikan produk milik mereka dengan karakter pasar negara tujuan mereka. Hal ini mereka ambil untuk mempercepat penetrasi mereka. Namun mereka menemukan kendala dalam pengembangannya karena karakter pasar di setiap negara berbeda beda.

Namun lepas dari strategi yang dibangun oleh setiap pengusaha konveksi, pakar konveksi tetap menyarankan para produsen garmen agar memupuk kepercayaan diri mereka dalam membangun merek dagangnya sendiri.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


×
halo pakar konveksi.