Inilah Saatnya Pengusaha Konveksi Membuat Merek Sendiri (1)

Salah Satu Merek Konveksi Terkenal
Salah Satu Merek Konveksi Terkenal

Pakar Konveksi – Produksi produk lisensi merek mancanegara atau disebut juga merek asing merupakan tumpuan dari banyak industri konveksi likal. Namun, bila sebuah konveksi merasa percaya diri untuk mulai memasarkan labelnya sendiri merupakan suatu hal yang tidak salah. Malah pakar konveksi sangat menyarankan hal tersebut.

Berdasarkan data yang diterima dinas perindustrian dan perdagangan Jawa Barat, pengerjaan merek ataupun lisensi produk milik produsen lain (makloon) memberikan kontribusi yang cukup besar untuk industri konveksi dan juga garmen di Jawa Barat.

Hal ini merupakan indikator bahwa kualitas yang dimiliki oleh industri konveksi Jawa Barat merupakan kualitas yang dapat diterima oleh pasar global. Terlebih lagi bila kita melihat standar kualitas merek kelas dunia yang diproduksi di Jawa Barat merupakan merek dengan standar kualitas yang tinggi.

Sehingga makloon adalah sebuah media pembelajaran berharga bagi industri konveksi untuk menjaga standar kualitas produk yang dihasilkan. Memang benar beberapa merek asing lebih memilih bahan bahan impor dalam pengerjaan mereknya, namun tetap saja proses makloon ini akan memberikan standarisasi kualitas hasil pola, jahit, sablon, quality control dan juga packaging.

Di sisi lain, pengerjaan merek milik produsen asing dapat membentuk diversifikasi usaha bagi industri konveksi. Karena dengan mengerjakan lisensi milik orang lain para pelaku industri konveksi menjadi hanya berkonsentrasi pada aspek produksi saja. Upaya ini menjadi langkah besar untuk membuka jaringan pasar sekaligus tetap mempertahankan roda produksi.

(Bersambung)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


×
Ada yg bisa dbantu?