Konveksi Tas pouch backpack tas selempang tas ransel tas seminar bandung

Beberapa Istilah dalam Dunia Fashion

Beberapa Istilah dalam Dunia Fashion. Geliat dalam industri fashion hingga saat ini masih menunjukkan perkembangan yang seakan tiada henti. Inovasi dan kreativitas dalam merancang sebuah desain busana terus dikembangkan oleh para fashion designer dengan berbagai macam elemen-elemen yang fresh dan up to date. Bagi anda yang masih awam mengenai industri fashion design, berikut ini adalah beberapa istilah yang lazim dikenal di  dunia fashion dunia, diantaranya adalah :
  • Haute Couture
Haute Couture yang diambil dari bahasa Perancis memiliki arti high dressmaking/fashion. Dapat diartikan berupa proses pembuatan sebuah desain busana yang berkelas tinggi. Pembuatan desain busana ini ditujukan untuk kebutuhan personal/pesanan khusus yang dibuat dengan kualitas bahan terbaik serta teknik pengerjaan yang detail. Desain busana semacam ini pastinya tidak akan dijumpai di pasaran karena memang sengaja dirancang secara eksklusif untuk dipakai oleh personal klien yang memesan. Jika anda berniat untuk memesan desain busana seperti ini, bersiaplah untuk merogoh kocek yang cukup besar. Desain Haute Couture ini sangat identik dengan lifestyle para selebritis dan keluarga bangsawan yang selalu ingin tampil beda dalam setiap event yang dihadirinya.
  • Pret A Porter    
Pret A Porter dapat diartikan sebagai ready to wear clothes(busana siap pakai). Maksudnya adalah busana yang dibuat dengan basis mass production/produksi massal yang biasa kita jumpai di butik dan toko pakaian pada umumnya. Namun terkadang ada juga produsen pakaian yang membatasi kuantitas dari sebuah produk busana yang biasa kita kenal dengan sebutan Limited Edition Stock. Biasanya untuk desain busana seperti ini digunakan patokan standar umum ukuran pakaian seperti S, M , L dan XL size
  • .Glitterati

Glitterati adalah merupakan kata serapan dari bahasa Inggris “Glitter” yang artinya berkilau. Istilah ini sangat identik dengan Individu ataupun kelompok yang memiliki selera fashion yang tinggi. Karakteristik    dari orang yang kerap mendapat titel Glitterarti adalah kemunculannya di berbagai event fashion show yang selalu mendapat sorotan publik karena gaya berpakaiannya yang dinilai high class dan memiliki nilai estetika tinggi. Sudah bisa ditebak bahwa kaum seperti ini biasanya adalah para editor fashion magazine, selebritis  juga kaum bangsawan.
  • Fashion Season 
Istilah fashion season ini berkaitan dengan perancangan sebuah desain busana yang disesuaikan dengan musim tertentu yang sedang berlangsung di sebuah negara. Seperti kita ketahui, Beberapa negara dunia memiliki empat musim yaitu musim panas(summer), musim Dingin(Winter), Musim Semi(spring) dan musim gugur(fall). Para label fashion ternama biasanya menggelar fashion show dua kali dalam setahun untuk menampilkan koleksi busana dengan padu padannya yang disesuaikan dengan kebutuhan berpakaian pada musim tertentu. Hal ini berkaitan dengan pemilihan warna, bahan yang digunakan, serta padu padannya yang sesuai dengan outfit/pakaian yang digunakan. Misalnya, untuk busana musim dingin, biasanya bahan yang digunakan adalah  yang bersifat menghangatkan tubuh ketika digunakan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


×
Ada yg bisa dbantu?